Kamis, 21 September 2017

Sejarah Singkat MAN 2 Nganjuk

Gedung bagian depan MAN 2 Nganjuk

Sejarah Singkat MAN 2 Nganjuk
Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Nganjuk sebelumnya bernama MAN Nganjuk. Perubahan nama menjadi MAN 2 Nganjuk berdasarkan Keputusan Menteri Agama  RI No. 6733 tahun 2016 yang kemudian diteruskan pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk tentang perubahan penamaan madrasah negeri nomor B.236/KK. 13. 13/2/PP.00.5/03/2017.
MAN 2 Nganjuk terletak di Jl. Letjen. Suprapto 121 C Kelurahan  Jatirejo, Kecamatan Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Berjarak sekitar 2 km dari pusat Kecamatan Nganjuk dan berjarak sekitar 3 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Nganjuk.
Lembaga pendidikan setingkat SMA ini ada sejak tahun 1979 dengan status sebagai kelas jauh (fillial) dari MAN Nglawak Kertosono (sekarang MAN 1 Nganjuk). Pendirian kelas jauh ini diprakarsai oleh K.H. Djamaluddin Abdullah, B.A. (saat itu menjabat sebagai kepala MAN Nglawak Kertosono) yang dituangkan dalam surat Usulan Kepala MAN Nglawak Kertosono tanggal 13 Maret 1979,  nomor : Mn.5/35/filial/1979, tentang pembukaan kelas fillial.
Usulan dari MAN Nglawak mendapat tanggapan positif dari Kakanwil Depag Jatim dengan terbitnya Surat Persetujuan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Timur, tanggal 19 April 1979, nomor. L.m/3/2576-c/1979, perihal pembukaan kelas fillial MAN Nglawak di Nganjuk.
Perjuangan untuk mengembangkan dakwah Islam melalui lembaga pendidikan di daerah Nganjuk akhirnya mendapat restu dari Dirjen Binbaga Islam dengan terbitnya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, nomor : Kep/E/10/1981, tentang : Pembentukan Kelas Jauh (fillial) Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Tulungagung, Nglawak, Rejoso, Malang. Untuk pertama kali MAN Nglawak fillial bertempat di MTsN Nganjuk, Jl. KH. Agus Salim sebelah barat masjid Agung Baitus Salam Nganjuk yang sekarang ditempati SMA Diponegoro Nganjuk. Selanjutnya pada tahun 1980 pindah menempati gedung MI Nurul Ulum, Jl. Kopral Usman Nganjuk (sebelah barat pasar Wage Nganjuk)  yang sekarang menjadi SDIT. Pada tahun 1989 pindah lagi menempati gedung Madrasah Diniyah di kelurahan Cangkringan Nganjuk, Jl. Masjid No. 4 Nganjuk.
Seiring waktu MAN fillial ini berkembang. Di samping itu, keberadaan MAN fillial Nglawak di Nganjuk ini sangat diharapkan dan besar manfaatnya bagi masyarakat.  Karena itu, pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama meningkatkan status MAN fillial ini berstatus negeri mulai tahun 1993 dengan Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 244 tahun 1993 tanggal 25 Oktober 1993. Karena itulah, setiap tanggal 25 Oktober diperingati sebagai hari jadi MAN 2 Nganjuk. Pada 25 Oktober 2017 MAN 2 Nganjuk merayakan hari jadi ke-24.
Selanjutnya pemerintah  memberikan proyek pengadaan tanah seluas 5.595 m di Kelurahan Jatirejo dan RKB. Pada tahun 2001 mulai menempati gedung baru ini hingga sekarang dan telah beberapa kali mendapatkan dana untuk pengembangan sarana dan prasarana baik dari pemerintah maupun swadaya masyarakat / komite.
MAN 2 Nganjuk sampai saat ini mengalami kemajuan yang pesat. Misalnya kemajuan bidang sarana dan prasarana seperti ruang belajar yang memadai, bidang kurikulum seperti kegiatan akademik dengan penerapan kurikulum 2013, bidang kehumasan seperti publikasi melalui media elektronik dan media cetak, maupun bidang kegiatan kesiswaan seperti kegiatan ekstrakurikuler. Pada tahun 2016 dalam visitasi akreditasi MAN 2 Nganjuk terakreditasi A. 
Kemudian, pada tahun ajaran 2017/2018 ini memiliki 829 siswa/siswi. Mereka tersebar dalam jurusan IPA, IPS, agama tahfidz dan agama reguler. MAN 2 memiliki tenaga pengajar yang kompeten dan sesuai kualifikasi pendidikan S-1. Bahkan, beberapa pengajar dengan kualifikasi S-2. Disamping itu, juga memiliki staf yang berkompeten.
Galeri foto: 










Dewan guru MAN 2 Nganjuk

Dewan guru MAN 2 Nganjuk





Kegiatan pelajaran kimia di laboratorium IPA

Kegiatan pelajaran biologi di laboratorium IPA


Kegiatan pelajaran fisika di laboratorium IPA




Fasilitas foto copy dan alat tulis

Sholat dhuha dan isttighotsah setiap 2 minggu sekali setiap hari Senin

Sholat dhuha dan isttighotsah setiap 2 minggu sekali setiap hari Senin


resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut