Minggu, 12 November 2017

Slogan Website MAN 2 Nganjuk

            MAN 2 Nganjuk – Sebuah merek sepeda motor memiliki slogan “Satu Hati” atau “One Heart”. Sementara produk sepeda motor yang lain memiliki slogan “Semakin di Depan”. Keduanya juga memiliki logo. Sebuah lembaga keuangan juga mempunyai slogan “Mengatasi Masalah tanpa Masalah”. Bahkan, sebuah produk oli memiliki slogan “Lebih dari Oli, Pelumas Berteknologi”. Sebuah madrasah tsanawiyah memiliki slogan “Bangga MTsN”. Indonesia, untuk mempromosikan pariwisatanya menggunakan slogan “Pesona Indonesia” atau “Indonesia Wonderful”. Masih banyak sebuah produk, sebuah lembaga, pemerintah daerah, organisasi bahkan negara yang memiliki logo, lambang maupun slogan.
            Slogan yang dibuat logo di satu sisi penting. Misalnya menunjukkan identitas suatu lembaga. Slogan bisa mempermudah orang mengingat seperti sebuah produk sebab slogan biasanya terdiri dari satu atau dua kata yang mudah dingat. Sebuah slogan juga mampu menunjukkan visi, misi, dan tujuan. Sebuah slogan juga menunjukkan sebuah brand atau merek. Selain itu dalam komunikasi massa slogan mampu membangkitkan semangat.
            MAN 2 Nganjuk sendiri sebelumnya memiliki slogan “MAN Nganjuk Jaya”. Slogan tersebut sudah cukup di kenal di kalangan siswa/siswi. Biasanya siswa/siswi mengucapkan slogan seperti saat pembubaran barisan usai apel. Namun, slogan tersebut seperti slogan Pemerintah Daerah (Pemda) Kab. Nganjuk. Sama-sama memakai kata “Jaya”. Di koran, Pemda Nganjuk telah menulis kata “Jaya” dalam “Kabupaten Nganjuk Jaya”. Entah siapa yang lebih dulu memakai kata “Jaya”.
            Umumnya suatu slogan tidak boleh sama. Karena itu, MAN Nganjuk setelah berganti nama menjadi MAN 2 Nganjuk mencoba memakai slogan “CINTA MAN 2” pada Nopember 2017. Itu selang beperapa hari setelah HUT MAN 2 Nganjuk ke-24 pada 25 Oktober 2017. Dengan demikian, hak cipta ada pada MAN 2 Nganjuk. Jika di kemudian hari ada lembaga yang slogannya seperti itu maka mungkin latar belakang slogan di logo tidak sama, kepanjangan CINTA tidak sama, dan seterusnya.
Sosialisasi slogan secara terbatas telah dilakukan. Misalnya lewat grup wa OSIS, di tampilkan di kelas maupun diskusi internal di kalangan guru. Tulisan ini pun bentuk sosialisasi slogan tersebut. Artinya slogan ini baru sebatas uji publik. Masih belum resmi.
            Membuat slogan terkadang tidak mudah. Misalnya dalam slogan itu harus menyesuaikan dengan visi misi MAN 2 Nganjuk, menarik, mudah dingat, kreatif, sopan, pantas, dan lain sebagainya. Slogan lazimnya pun tidak menjiplak slogan dari sekolah lain maupun dari organisasi lain.
“CINTA MAN 2” ini punya arti. Alasan memakai kata “CINTA” antara lain kata itu sudah banyak di kenal, khususnya pada remaja. Makna CINTA bagi remaja sepertinya juga bukan hal baru lagi. Kata “CINTA” juga gampang diingat. Kata “A” pada “CINTA” juga menyesuaikan dengan kata “Dua” pada angka “2” di MAN 2. CINTA juga berarti SUKA. CINTA MAN 2 misalnya bagi siswa/siswi bisa berarti mencintai MAN 2 misalnya belajar dengan tekun. CINTA MAN 2 juga berarti MAN 2 memberikan cintanya pada siswa/siswi selama mereka belajar di MAN 2. Intinya CINTA dalam hal ini dimaknai secara positif.  
Desain slogan yang dibuat seperti logo sudah disosialiasikan. Kata CINTA memakai warna merah, menyesuaikan dengan makna CINTA. Latar belakangnya putih agar mudah dilihat dan kontras dengan warna merah. Di atasnya merupakan kepanjangan CINTA (Cerdas, Ikhlas, Nyata, Terampil, Akhlak). Sebetulnya kepanjangan itu di otak atik agar lebih menarik, selain agar tidak ada tempat kosong di bagian atas.
Huruf MAN 2 dipilih warna biru menyesuaikan dengan seragam khas siswa-siswi MAN 2. Latar belakangnya memilih warna kuning yang menyesuaikan dengan warna kuning pada logo resmi MAN 2 Nganjuk. Di bawahnya terdapat kata NGANJUK untuk memperjelas nama madrasah. Warna hitam pada kata NGANJUK pun menyesuaikan dengan warna logo resmi.
Awalnya ada yang berpendapat slogannya misalnya “MAN 2 Hebat”, “MAN 2 Kuat”, “MAN 2 Luar Biasa”. Bahkan, ada yang bingung dengan slogan saat di sosialisasikan di grup wa. Akhirnya, dipakai slogan seperti foto tulisan ini.
Ada dua versi. Pertama, ada slogan dalam lingkaran bulat dan ada kepanjangan dari CINTA. Kepanjangan itu untuk mempertegas kata CINTA. Versi kedua kepanjangan CINTA dihilangkan agar hemat kata. Namun, sementara ini memakai versi yang ada kepanjangannya.
Dalam filsafat bahasa, tentu sebuah kata akan memiliki penafsiran yang beragam. Karenanya akan ada komentar yang beragam pada slogan tersebut. Mungkin tentang kata CINTA itu sendiri, kepanjangan dari CINTA, latar belakang logo, dan lain sebagainya.
            Sebetulnya slogan “CINTA MAN 2” itu untuk mengisi foto sebuah pengumuman di www.man2nganjuk.sch.id karena sebuah pengumuman biasanya tidak ada foto. Nah, untuk hal itulah slogan itu akan digunakan. Tentu untuk surat menyurat resmi tetap memakai logo resmi MAN 2  Nganjuk. Jadi, apabila itu dijadikan sebuah slogan resmi sepertinya masih perlu dibahas lebih lanjut. Namun, tetap boleh saja memakai slogan “MAN 2 Nganjuk Jaya” misalnya saat pembubaran setelah upacara atau apel. Di kalangan madrasah juga telah lebih dulu dikenal slogan “Madrasah Lebih Baik dan Lebih Baik Madrasah”. CINTA MAN 2 NGANJUK. (Admin - pendapat pribadi).
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut