Selasa, 12 Desember 2017

Kakankemenag Pimpin Apel Pemberangkatan PM Ke-5 MAN 2 Nganjuk

           
MAN 2 Nganjuk – Kakankemenag Kab. Nganjuk, H. Barozi memimpin apel pemberangkatan Pengabdian Masyarakat (PM) MAN 2 Nganjuk (12/12). Apel pemberangkatan diikuti oleh peserta PM kelas XII. Apel ini juga diikuti oleh siswa/siswi kelas X yang selama 3 hari ini akan melaksanakan class meeting. Hadir pula saat apel bapak ibu panitia PM beserta panitia class meeting
            “268 siswa/siswi mengikuti PM. PM merupakan kegiatan rutin usai dilaksanakan penilaian akhir semester (PAS) ganjil di bulan Desember. Jika kelas X melaksanakan class meeting, kelas XI melaksanakan studi kampus dan wisata religi maka kelas XII melaksanakan PM,” ucap H. Rochani, Kepala MAN 2 memberikan sambutan saat apel.
            “Laksanakan PM sesuai agenda sebaik-baiknya. Terapkan ilmu yang kalian dapat di madrasah di lokasi yang akan kalian tempati. Saya percaya kalian bisa melaksanakannya. Saya berharap anak-anak MAN 2 Nganjuk mampu berprestasi, mampu melakukan yang terbaik, khususnya selama PM,” papar H. Barozi saat memimpin apel sebelum pemberangkatan.
Pengabdian Masyarakat (PM) ke-5 ini dilaksanakan di Desa Sonobekel, Kec. Tanjunganom, Kab. Nganjuk. Kegiatan sosial rutin tahunan ini berlangsung selama tiga hari, mulai 12 s.d. 14 Desember 2017, empat hari usai pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil tahun pelajaran 2017/2018. PM diikuti oleh siswa-siswi kelas XII sebanyak 268 orang. Mereka terbagi ke dalam 8 kelompok yang juga akan menempati lebih dari 6 dusun. 
Mereka akan menempati rumah warga. Ada satu rumah yang ditempati oleh 11 orang. Ada pula satu rumah ditempati lebih dari 15 orang. Antara siswa dan siswi terbagi dalam kelompok yang berbeda dan menempati rumah yang berbeda pula. Setiap dusun memiliki satu pendamping dari salah seorang guru.
PM memiliki 5 program utama yang meliputi pengobatan gratis, bakti sosial, bimbingan belajar jenjang sekolah dasar (SD), kegiatan keagamaan seperti mengajar di musholla, dan pembinaan life skills seperti teknik menyulam bayangan. Khusus pengobatan gratis, panitia bekerjasama dengan Klinik Sahabat Keluarga yang berlokasi di Kec. Bagor. Panitia juga memberikan beberapa kitab Al Qur’an untuk ditaruh di beberapa musholla. Selain itu, dalam bakti sosial panitia akan membagikan sembako pada orang yang berhak.
“Kami senang desa kami ditempati PM. Jika ada sesuatu hal jangan malu menanyakan pada kami. Saya anggap kalian semua anak-anak saya,” terang sekretaris desa (sekdes) Desa Sonobekel saat pembukaan di balai desa.
Menurut jadwal hari ketiga, hari terakhir PM akan dilaksanakan pengobatan gratis di balai desa. Bakti sosial juga dilaksanakan di hari terakhir. Siang harinya PM ditutup dengan acara sholawatan di balai desa. (pg)
Galeri foto: 


















resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut