Rabu, 27 Desember 2017

Profil Ekstrakurikuler Jurnalistik “OASE” MAN 2 Nganjuk

Profil Ekstrakurikuler Jurnalistik “OASE”
MAN 2 Nganjuk
Sejarah Ekstrakurikuler Jurnalistik
     Ekstrakurikuler Jurnalistik “OASE” adalah salah satu ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Nganjuk.  Ekstrakurikuler Jurnalistik terbentuk pada 17 Juli 2010. Saat itu nama “OASE” adalah usulan dari Bapak Moh. Kasnan, S.Ag. “OASE” artinya sumber air di padang pasir. Harapannya OASE menjadi sumber atau sarana informasi tentang MAN Nganjuk di tengah-tengah derasnya arus informasi.
     Pertama kali yang menjadi pembina Jurnalistik adalah Bu Nurul Swandari, S.Pd., pengajar bahasa Indonesia. Tahun berikutnya Bu Nurul dibantu oleh Pak Thoif H. S.Sos., pengajar sosiologi Tahun 2015 pak Thoif pindah ke Bojonegoro sehingga pembina 2 digantikan oleh Pak Puguh Utomo, S.Sos., pengajar sosiologi. Bu Nurul fokus pada majalah dan Pak Puguh fokus pada majalah dinding (mading). Awal 2016 Bu Nurul pindah mengajar di Jombong. Sejak itu, Jurnalistik diserahkan pada Pak Puguh sampai sekarang.
     Sesuai dengan nama “jurnalistik”, ekstrakurikuler ini menekankan pada bidang jurnalistik. Misalnya penulisan berita, fotografi, karikatur, penulisan sastra, dan lain sebagainya. Media publikasi pada waktu itu adalah majalah dinding (mading) dan majalah “OASE” MAN Nganjuk. Akhir-akhir ini Jurnalistik juga menangani pengelolaan www.man2nganjuk.sch.id. Di samping itu, juga memanfaatkan sosial media seperti facebook, whatsapp, dll.
     Seiring waktu, ekstrakurikuler Jurnalistik makin berkembang. Mading senantiasa dikelola dan diperbarui setiap sebulan sekali. Tema mading juga menyesuaikan dengan momen terkini. Misalnya tema tentang maulid Nabi Mohammad SAW., tema tentang hari kemerdekaan, dan lain-lain. Sampai saat ini ekstrakurikuler Jurnalistik mengelola empat mading. Dua di lorong utama gerbang masuk MAN Nganjuk. Ketiga di dekat lapangan volley. Keempat di lantai dua gedung MAN Nganjuk.
     Sampai akhir tahun 2016 Jurnalistik juga telah menerbitkan majalah sampai 12 edisi. Secara rutin, setiap 6 bulan sekali Jurnalistik menerbitkan majalah bernama “OASE” MAN Nganjuk. Majalah biasanya dicetak sebanyak 900 eksemplar. Jadi, setiap siswa/siswi MAN Nganjuk kelas X, XI, XII mendapatkan 1 majalah. Sisa majalah misalnya diberikan pada bapak ibu guru, TU, serta perpustakaan MAN Nganjuk. Majalah juga diberikan pada perpustakaan tempat SMP atau MTs di Kabupaten Nganjuk sebagai bentuk publikasi.
Visi Ekstrakukuler Jurnalistik
  1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan jurnalistik berdasarkan iman dan taqwa
  2. Membentuk karakter jurnalistik madrasah yang profesional
  3. Sesuai dengan visi MAN Nganjuk
Misi Ekstrakurikuler Jurnalistik
  1. Mencetak jurnalis madrasah yang kompeten dan berprestasi
  2. Memajukan ekstrakurikuler yang berlandaskan kode etik jurnalistik
  3. Menyebarkan informasi secara proporsional pada madrasah dan masyarakat
  4. Sesuai dengan misi MAN Nganjuk
Prestasi

  1. Juara II fotografi skill contest tahun 2015 Se-Kab. Nganjuk
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut