Rabu, 21 Februari 2018

KSM 2018 MA Kab. Nganjuk Berbasis Komputer


           
           MAN 2 Nganjuk – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018 jenjang madrasah aliyah (MA) negeri dan swasta di Kabupaten Nganjuk berbasis komputer (21/2). KSM jenjang MA dilaksanakan di MAN 2 Nganjuk. Ada 35 madrasah aliyah, 3 di antaranya negeri dan selebihnya swasta.
Sebelumnya sebelum pelaksaan KSM dilaksanakan apel di lapangan Tanjung, Nganjuk. Apel dipimpin oleh Kakankemenag Nganjuk, H. Barozi. Apel dihadiri oleh kepala madrasah, guru pendamping, serta peserta KSM dari kontingen madrasah ibtidaiyah (MI), kontingen madrasah tsanawiyah (MTs), dan madrasah aliyah (MA).
“Sesuai dengan tema KSM tahun 2018 ini, mari kita ciptakan generasi muda Islam unggul, kompetitif, dan berakhlak mulia. Mari kita ciptakan madrasah yang sehat, unggul dan berdaya saing global,” kata H. Barozi.
Tercatat 369 peserta mengikuti kompetisi yang digelar setiap tahun ini. Pada jenjang MA setiap mata pelajaran diikuti oleh 3 peserta. Dengan jumlah peserta sebanyak itu, panitia menyediakan 6 ruang ujian. Satu ruang ujian jumlah komputer nya bervariasi. Misalnya di ruang 1 ada 38 unit komputer. Di ruang 2 ada 20 unit komputer. Sebagian komputer disediakan oleh MAN 2 Nganjuk. Sebagian lagi MA yang bersangkutan meminjamkan laptop pada peserta yang dikumpulkan sebelum pelaksanaan lomba.
Panitia pun harus membagi dua sesi. Masing-masing sesi dua jam. Sesi pertama dimulai pukul 09.00 – 11.00 WIB. Kemudian, peserta diberi waktu istiharat selama 15 menit. Sesi kedua dimulai pukul 11.15 – 13.15 WIB. Sesi pertama mata pelajaran matematika, bahasa Arab, fisika, dan kimia. Sesi kedua ekonomi, geografi, biologi dan astronomi.
Sekitar pukul 14.30 panitia mengumumkan hasil KSM. Setiap mata pelajaran diambil 6 peringkat. Khusus MAN 2 Nganjuk hasilnya sebagai berikut. Matematika peringkat 1 (Ud Hiyata Z), peringkat 2 (Kenyavi S.R.), dan peringkat 6 (Siti Ika H); kimia, peringkat 1 (M. Zainul Islam) dan peringkat 5 (Saifullah Yusuf); geografi peringkat 1 (A. Rizal Fatoni) dan peringkat 3 (Bintan Badari); bahasa Arab peringkat 6 (Fabby Aisyatul M.Z.); astronomi peringkat 6 (Nawang Nuraini). Jadi total ada 9 siswa/siswi yang masuk 6 besar.
Selanjutnya siswa/siswi yang masuk 6 besar ini akan mengikuti seleksi lagi. Nantinya akan diambil satu peserta dengan nilai tertinggi untuk kemudian akan mewakili KSM di tingkat provinsi. (pg).
           

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut