Selasa, 06 November 2018

Robotika MAN 2 Nganjuk Juara 1 Best Design Rescue Robot Mobile 2018

Pembina robotika MAN 2 Nganjuk (foto kiri) dan tim robotika MAN 2 Nganjuk

            MAN 2 Nganjuk – Tim robotika MAN 2 Nganjuk juara 1 Best Design Rescue Robot Mobile tahun 2018 di Depok Town Square, Jawa Barat (3-4/11). Mereka adalah Moh. Rizky Rahman dan Wildan Taufiqie D., keduanya duduk di kelas di kelas XII BCA (Kelas IPA) dan A. Badru Munir kelas XII IPA 2 yang khusus sebagai teknisi robot.     Sebelumnya mereka lolos seleksi untuk ke tahap nasional pada 21 Oktober 2018.
“Kami butuh persiapan yang panjang untuk lomba ini. Apalagi ini tingkat nasional yang diadakan oleh Kemenag Pusat. Kami berulang kali memprogram robot sampai betul. Pemrograman ini penting agar robot mampu bergerak secara benar,” terang Rizky yang beberapa kali mengikuti lomba robot.
            “Kompetisi kali ini terbilang kategori baru bagi kami. Banyak pelajaran yang bisa saya ambil. Misalnya pemilihan sensor led. Beberapa kali saya mencoba sensor yang responsif. Sampai akhirnya mendapatkan sensor yang tepat pada robot,” tutur Wildan.
            Kompetisi robot madrasah ini diselenggarakan oleh Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. Kompetisi tahun ini merupakan tahun ke empat. Kompetisi ini diikuti oleh jenjang MI, MTs sampai MA.
Dikutip dari situs resemi, ajang ini merupakan kompetisi dan otomasi tingkat madrasah se-Indonesia. Mulai dari menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan hingga menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi sampai cara mempresentasikan atau meyakinkan bahwa robot yang dirancang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. (pg)


resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut