Selasa, 01 September 2020

Fafa Peringkat 2, Ajeng Peringkat 3 Lomba Macapat Tk. Kab. Nganjuk

 

Asmaradhana

Oleh: Ahmad Fajrul Falah

laras pelog pathet 6

Carita ingkang kawuri

Pandega ing nuswantara

Sang Sukarno ya asmane

Agegaman Pancasila

Nyawiji Nusa bangsa

Dimen sayuk guyup rukun

Indonesia terus mardika

 

Bung Karno

Oleh: Ajeng

Bung Karno Sang Proklamator

Sang pahlawan kusumo kang sayekti

Labuh mring nagari nipun

Patut dadi tulodho

Asmaniro ngambar ambar nggrido arum

Mbela bangsa Indonesia

Murih madikaneng negri

 

MAN 2 Nganjuk – Di atas adalah teks macapat yang ditulis oleh Ahmad Fajrul Falah, kelas XI MIPA 2 MAN 2 Nganjuk. Macapat Fafa (sapaanya) tersebut meraih peringkat 2 tingkat Kab. Nganjuk kategori SMA/MA yang diselenggarakan oleh salah satu partai di Kab. Nganjuk. Laki-laki kelahiran Nganjuk, 11 Oktober 2004 ini merupakan putra dari pasangan Bu Dewi dan Bapak Yunus. Keduanya adalah guru. Sekarang Fafa (sapaanya) tinggal di Desa Godean, Loceret, Nganjuk. Fafa mengirimkan video macapat dengan durasi 1 menit 18 detik ke panitia melalui WA.

“Macapat itu menurut saya jenis gending atau puisi Jawa yang berisi tentang filosofi kehidupan. Saya mengenal macapat sejak TK. Berlanjut sampai ke jenjang madrasah aliyah sekarang ini,” tutur Fafa.

Ajeng Ayu Pratiwi kelas X IPS 3 MAN 2 Nganjuk juga peringkat 3 di lomba yang sama. Durasi video milik Ajeng 02 menit 8 detik. Ajeng belajar dari tetangganya yang seorang dalang bernama Pak Bandung, di Desa Mlandangan, Kec. Pace, Nganjuk. Saat kelas 8 Ajeng pernah praktek nembang pangkur. (pg)

 

 

 

 

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut